Hubungan Pengetahuan Ibu Post Partum Tentang Perawatan Luka Perineum dengan Proses Penyembuhan Luka di Klinik Bersalin Hj. Nirmala Sapni, Amkeb Medan

Nurrahmaton Nurrahmaton, Dewi Sartika

Abstract


Robekan perineum terjadi hampir pada semua persalinan pertama dan tidak jarang juga pada persalinan berikutnya. Robekan perineum umumnya terjadi di garis tengah dan bisa menjadi luas apabila kepala janin lahir terlalu cepat, sudut arkus pubis lebih kecil dari pada biasa, kepala janin melewati pintu panggul bahwa dengan ukuran yang lebih besar dari pada sirkumferensia suboksipito bregmatika. Luka perineum adalah perlukaan pada diagfragma urogenitalis dan musculus lefator ani, yang terjadi pada waktu persalinan normal, atau persalinan dengan alat, dapat terjadi tanpa luka pada kulit perineum atau pada vagina, sehingga tidak terlihat dari luar. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan hubungan pengetahuan Ibu post partum tentang perawatan luka perineum dengan proses penyembuhan luka. Penelitian ini bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi penelitian adalah seluruh ibu post partum yang ada di Klinik Bersalin Hj. Nirmala Sapni, Am.Keb pada bulan Agustus sampai dengan September 2017 yaitu sebanyak 32 ibu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total populasi. Hasil penelitian menemukan dari 32 responden mayoritas pengetahuan responden tentang perawatan luka perineum adalah cukup yaitu sebanyak 15 orang (46,9%) dan minoritas berpengetahuan baik sebanyak 8 orang (25%), penyembuhan luka normal yaitu sebanyak 12 orang ( 37,5%) dan minoritas cepat yaitu sebanyak 9 orang (28,1%). Hasil uji Chi-Square (person Chi-Square)  dengan nilai p 0,00 <α=0,05 dimana H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang perawatan luka perineum dengan proses penyembuhan luka.


Full Text:

PDF

References


Tengah DKPJ. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012. Semarang: Dinkesjateng. 2014.

Adisasmito W. Faktor risiko Diare Pada Bayi dan Balita di Indonesia: Systematic review Penelitian Akademik Bidang Kesehatan Masyarakat. Makara Kesehat. 2007;11(1):1–10.

Indonesia B, Commission TGE. 2010. Lap Perekon Indones Beberapa edisi, Bank Indones Jakarta. 2003.

Yogyakarta DKPDI. Profil Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta Tahun 2011. Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta; 2012.

Sinabutar AM, Setianingsih EL. Pengawasan Terhadap Penanganan Anak Jalanan Oleh Dinas Sosial, Pemuda Dan Olahraga Di Kota Semarang. J Public Policy Manag Rev. 2017;6(2):607–20.

Nurjanah S, Puspitaningrum D, Ismawati. Hubungan Karakteristik Dengan Perilaku Ibu Nifas Dalam Pencegahan Infeksi Luka Perineum di RS Roemani Muhammadiyah Semarang. In: Prosiding Seminar Nasional & Internasional. 2017.

Damarini S, Eliana E, Mariati M. Efektivitas Sirih Merah dalam Perawatan Luka Perineum di Bidan Praktik Mandiri. Kesmas Natl Public Heal J. 2013;8(1):39–44.

Prof.Dr.Djamhoer Martaadisoebrata d, spog(K), (MSPH), Prof.Dr. Firman F. Wirakusumah d, spog(K), Prof.Dr.Jusuf S. Effendi d S. Obstetri Patologi. 2013.

Hartiningtiyaswati S. Hubungan perilaku pantang makanan dengan lama penyembuhan luka perineum pada ibu nifas Di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Universitas Sebelas Maret; 2010.

Kasdu D. Solusi Problem Persalinan. Niaga Swadaya; 2005.

Husada Stikk. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas Ny. T Umur 19 Tahun P1 A0 dengan Perawatan Luka Jahitan Perineum.

Fathrina n. Hubungan penerapan kewaspadaan universal dengan kecepatan penyembuhan luka pada pasien post operasi fraktur di rsud ulin banjarmasin. Universitas muhammadiyah banjarmasin; 2017.

Sarwono J, Arikunto M, Arikunto MS. Metode Penelitian. Kuantitatif Kualitatif. 2006.

Jena Twm. Hubungan Perawatan Luka perineum dengan lama penyembuhan luka perineum di rb amanda gamping sleman. Stikes jenderal achmad yani yogyakarta; 2015.

Tedjasaputra MS. Bermain, mainan dan permainan. Grasindo; 2001.

Akhir KTAPT. A. Metode Penelitian. 1998;

Di puskesmas dnlp, opu s. Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas islam negeri alauddin makassar.

Prahayu T. Manajemen Asuhan Kebidanan Ibu Nifas pada Ny “M” dengan Luka Episiotomi di RSUD Syech Yusuf Gowa Tahun 2017. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2017.

Sitinjak VVV. Hubungan antara Perawatan Luka Perineum dengan Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Nifas di Klinik Martua Sudarlis Mandala Medan. Hub antara Perawatan Luka Perineum dengan Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Nifas di Klin Martua Sudarlis Mandala Medan.

Ahmad Susanto MP. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana; 2016.

Walyani ES, Purwoastuti E. Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. PT Pustaka Baru, Yogyakarta. 2015.




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v1i1.3911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id